Wednesday, February 17, 2010

Dewan Peringatkan Pemberian Izin, (Jangan Hanya Duduk Manis dan Tidur)

Peringatan keras disampaikan Ketua DPRD Sanggau Andreas Nyas kepada Pemkab Sanggau. Peringatan itu menyikapi banyaknya persoalan perizinan perusahaan perkebunan di daerah itu.


Nyas geram atas sikap Pemkab yang memberi izin tanpa survei lapangan terlebih dahulu. Idealnya, petugas perizinan tidak hanya duduk di belakang meja, tanpa mengetahui kondisi di lapangan. Apalagi dampak yang ditimbulkan dari kinerja yang kurang beres tersebut berhubungan langsung dengan hajat hidup rakyat.

Banyak ditemukan kasus tumpang tindih lahan di Kabupaten Sanggau. Jika ini terus terjadi dipastikan dapat merusak iklim investasi daerah.
“Kita ingatkan pada eksekutif, khususnya instansi terkait untuk tidak mengeluarkan izin hanya di atas meja. Sebaiknya lihat kelapangan dan cek daerahnya,” ungkap Andreas Nyas dijumpai sejumlah wartawan, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, banyak contoh fatal dilakukan eksekutif terkait dengan pemberian izin usaha pertambangan maupun perkebunan. Contoh kasus adalah yang dialami PT BAM. Berdasarkan temuan tim panitia khusus (pansus) DPRD beberapa waktu lalu, sebagian lahan yang menjadi kawasan yang digarap PT BAM sebelumnya merupakan milik perusahan perkebunan, PT SISU.

“Untungnya saja kedua perusahan baik perkebunan dan pertambangan ini tidak komplain dan menyelesaikan tumpang tindih lahan ini dengan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nyas mengingatkan Pemkab melalui TP4K untuk bekerja maksimal dalam menuntaskan kasus-kasus yang berkaitan dengan investasi perkebunan, pertambangan serta kehutanan. Selama ini TP4K dinilai lemah dalam melakukan penyelesaian kisruh seputar perkebunan.

Dia menambahkan, saat ini paling tidak ada dua sengketa perkebunan yaitu kisruh PT ASP versus PT ASL dan
PT MKS dengan masyarakat di Kecamatan Noyan. “Ini artinya perlu keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga iklim investasi yang ada di daerah ini,” geramnya.

Lebih lanjut, Nyas berharap, semua persoalan terkait dengan tumpang tindih lahan dan menyangkut iklim investasi dapat terselesaikan. Dengan harapan tercipta iklim investasi yang kondusif. “Jika iklim investasi terjaga dengan kondusif, jelas yang untung adalah daerah kita. Karena investor akan melirik daerah yang aman,” ujarnya. (EquatorNews)
Baca Juga !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More