Tuesday, March 13, 2012

Hutan Gundul Picu Banjir di Noyan


Noyan - Penggundulan hutan yang terjadi di daerah Noyan selama 5 tahun terakhir memperparah banjir yang terjadi saat ini di Noyan. Kita dapat melihat dan merasakan sendiri bagaimana daerah Noyan sudah banyak hutannya yang gundul akibat pengalihan fungsi hutan secara besar-besaran. Akibatnya yang dirasakan oleh warga Noyan, banjir yang terjadi saat ini hampir selalu terjadi ketika turunnya hujan. Intensitas periode terjadinya banjir semakin sering terjadi. Padahal jika dilihat Noyan sekitar 10 tahun lalu, rentan waktu untuk terjadinya banjir besar sangatlah panjang.

Memang sebagian daerah Noyan bukan daerah yang terbebas dari banjir terutama Noyan bagian bawah, tetapi peristiwa banjir hanya terjadi pada musim penghujan di akhir tahun atau di awal tahun, Itupun dengan intensitas rentang lamanya surut air tidak lama.

Yang terjadi sekarang ini semakin parah. Banjir hampir setiap hari menghiasi wajah daerah Noyan bagian bawah dan waktu untuk airnya surut tidaklah singkat. Dampak dari banjir yang sangat dirasakan adalah para siswa-siswi SDN 1 Noyan, dimana setiap terjadinya banjir proses belajar mengajar menjadi terganggu, sehingga para guru meliburkan para anak didiknya karena akses jalan dan gedung sekolahnya terkena banjir. Jika peristiwa ini terus terjadi maka dunia pendidikan di Noyan akan terhambat oleh karena banjir. Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sudah seharusnya memberikan bantuan untuk meringankan kerugian akibat banjir tersebut.
Baca Juga !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More