Saturday, November 12, 2011

Kades Emban Amanah Masyarakat

Bupati Sanggau Ir H Setiman H Sudin melantik Yosef Jipon sebagai Kepala  Desa (Kades) Sungai Dangin untuk priode 2011- 2016, di Desa Sungai  Dangin Kecamatan Noyan, Kamis (3/11/2011). Pelantikan  Kades terpilih untuk periode kedua ini, dihadiri Ketua DPRD Sanggau, Andreas  Nyas,  Ketua TP PKK Zubaidah Setiman, anggota PKK kabupaten dan kecamatan, para Kepala SKPD Kabupaten Sanggau, Camat Noyan  beserta unsur Porkopimka  para Kades di Noyan beserta seluruh warga Desa Sungai Dangin. 

Bupati Sanggau dalam sambutannya, mengatakan bahwa menjadi seorang Kades tentunya mengemban amanah dari masyarakat desa. Sebagai Kades ia berpesan hendaknya segera membenahi sarana dan prasarana desa, profil desa, papan-papan data desa, buku buku administrasi serta menata lingkungan sekeliling kantor desa sehingga masyarakat yang memerlukan pelayanan akan merasa nyaman bila berada di Kantor desa.

Ditambahkan pula  Kades harus mengedepankan asas keterbukaan dalam melaksanakan program pembangunan yang didanai melalui  APBDesa, memanfaatkan seluruh  perangkat desa yang ada dan tentu saja  senantiasa  berkoordinasi dengan BPD dalam menjalankan tugas.

"Marilah kita bersama sama membangun desa,  karena yakinlah bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib kita apabila kita tidak berusaha merubahnya, maka  saya harapkan kepada seluruh masyarakat desa ini agar mendukung keberadaan dan program  Kades. Agar apa yang menjadi visi dan visi yaitu Sanggau Bangkit dan Terdepan dapat terwujud. Khususnya bagi masyarakat di pedesaan ini penting sekali jika desa sudah kuat maka kecamatan sampai kabupaten akan kuat pula," pesannya.

Selanjutnya kepada isteri Kades, ia berpesan agar senantiasa mendukung suami dalam menjalankan tugas. Disadari bahwa seorang Kades adalah milik masyarakat  sehingga dimaklumi jika waktu untuk keluarga sedikit berkurang karena menjalankan tugas. Sebagai isteri Kades yang juga sebagai ketua Tim  Penggerak PKK Desa  gar menggiatkan kembali peran ibu-ibu di desanya  agar program PKK  dapat tumbuh dan berkembang, giatkan tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga), kebun kebun PKK  dan pemanfaatan lahan pekarangan dengan berbagai  macam sayuran.

Dalam kesempatan itu juga Bupati mengharapkan agar Kades  dengan  sungguh  sungguh  dalam peningkatan PBB  karena ini merupakan sumber pendapatan asli daerah,  Bupati juga mengatakan bagi  Kepala Desa yang realisasi PBB seratus persen maka diberikan insentif    yang keseluruhan mencapai dua milyar lebih ini melebihi jumlah PBB  yang harus dibayar Masyarakat,  namun  ini  sebagai bentuk penghargaan atas  kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.  Melengkapi  acara pelantikan itu diadakan  temu wicara  antara   Bupati,  Ketua  DPRD,  Camat  dengan aparat  Desa dan seluruh  masyarakat yang menghadiri acara tersebut. (TribunePontianak 8/11/11)


Baca Juga !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More