Friday, October 21, 2011

Banyak Desa di Kecamatan Noyan Belum Dapat Aliran Listrik PLN


Sejak puluhan tahun yang lalu, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau beberapa desanya belum pernah merasakan pelayanan setruman listrik negara dari PT PLN hingga saat ini. Bahkan sejak dari dulu masyarakat di sana telah berjuang agar kebutuhan dasar akan listrik di desa-desa mereka bisa segera terpenuhi.

Banyak masyarakat  mendambakan  kehadiran listrik ke rumah-rumah mereka. Berbagai cara sudah dilakukan oleh warga . Mereka sudah berjuangan dan menyampaikan aspirasi mereka kepada instansi terkait, termasuk dengan mengumpulkan tanda tangan dan KTP, namun sampai sekarang belum juga terwujud. Masyarakat berharap kepada PT PLN Persero Cabang Sanggau memberikan perhatiannya khususnya ke daerah daerah yang ada di Kecamatan Noyan  yang relatif jauh jaraknya dari Kota Sanggau  Jangan heran jika Kecamatan Noyan selama ini terindikasi serta identik dengan daerah kecamatan yang tertinggal karena tidak adanya cahaya penerangan yang masuk ke desa-desa.

Memasuki daerah Kecamatan Noyan saat ini, tak ubahnya seperti memasuki daerah Noyan puluhan tahun silam, sama saja. Karena  kondisi masyarakat disana, masih menggunakan cara-cara penerangan klasik seperti pelita dan semacamnya,apalagi memasuki desa-desa terpencil. Jika kita melintasi pada malam hari, seolah-olah kita masuk pada zaman tempo dulu, padahal sekarang sudah zaman globalisasi.

Sejak 1990 silam, infrastruktur jaringan listrik PLN pernah dibangun dibeberapa desa, namun karena lama  tak ada titik terang tentang proyek itu masyarakat menjadi kecewa dan ada beberapa peralatan yang hilang dicuri dan dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab, dan dan ditambah lagi dengan tidak pernah adanya aktifitas dan upaya perbaikan dari pihak PLN, maka merekapun hidup dalam suasana gelap gulita. 


Di daerah Kecamatan Noyan yang lima bulan terakhir yang sudah dialiri listrik adalah  Dusun Talogah, Desa Idas. Dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dengan kapasitas 50 ribu watt yang memamfaatkan aliran air Riam Asam masyarakat disekitar Dusun Telogah sudah bisa menikmati aliran listrik di desa mereka.  Ke depan diharapkan dengan adanya  PLTMH tersebut, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Khususnya untuk mempermudah anak-anak dalam belajar di rumah. Bukan itu saja, bisa juga untuk mendapat hiburan dari televisi dan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya yang bersumber pada listrik.

Beberapa tempat di Kecamatan Noyan yang  belum teraliri listrik yakni : Desa Mayan, Sungai Merah, Langka, Periji, Tukun, Sungai Dangin, Simpang Daroi, Tidu,Ensingo dan masih banyak lagi.









Baca Juga !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More