Wednesday, February 23, 2011

Ubah Pengelolaan Pedesaan untuk Atasi Kemiskinan


Untuk mengentaskan kemiskinan masyarakat desa, pemerintah harus melakukan perubahan besar di tingkat manajemen pengelolaan pembangunan ekonomi di masyarakat pedesaan. Pembangunan pedesaan sangat penting, mengingat kemiskinan terbesar di Indonesia justru mayoritas berada di pedesaan. Jika tidak, masyarakat desa akan cenderung apatis dan masa bodoh saat dilibatkan untuk ikut dalam musyawarah rencana pembangunan di tingkat desa atau disebut Musrenbangdes. Banyak program yang dijalankan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, akan tetapi cenderung bersifat instan dan jangka pendek.

 "Kebijakan itu juga tidak dirancang dengan baik dan konseptual serta tidak jarang dilandasi tujuan dan kepentingan pragmatis, fakta-fakta menunjukkan program pengembangan ekonomi pedesaan hanya sexy pada saat kampanye pemilihan kepala daerah, akan tetapi tidak sexy lagi saat diimplementasikan pada alokasi anggaran. 

Inilah persoalan yang sangat krusial berkaitan dengan masalah kemiskinan yang sungguh nyata, akan tetapi belum tersentuh secara substansial,contohnya pembangunan ekonomi yang cenderung lebih memihak ke kota daripada ke desa meskipun publikasinya ingin membangun pedesaan.
Baca Juga !

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More